Jika Anda ingin memiliki mobil yang akan berlangsung selama ribuan kilometer, maka Anda perlu untuk mempertahankan jadwal service yang teratur. Hal ini sangat penting bagi kehidupan mobil Anda. Ada banyak mobil dengan perbaikan mahal atau bahkan rusak karena banyak mereka tidak dirawat dengan baik. Kita perlu memperlakukan mobil seperti kita akan memperlakukan diri kita sendiri, dengan banyak perhatian dan perawatan.
Sebuah mobil harus memiliki cairan yang diperiksa dan diganti pada jadwal teratur untuk berjalan lancar. Ada pun tugas-tugas pemeliharaan mobil yang sederhana. Jika Anda mengatur waktu yang ditetapkan untuk memeriksanya secara teratur, Anda akan tahu ketika mobil Anda membutuhkan lebih banyak perhatian.
Tercantum di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dimasukkan dalam jadwal pemeliharaan Anda:
Tercantum di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dimasukkan dalam jadwal pemeliharaan Anda:
1. Penggantian minyak oli dan filter oli - Hal ini perlu dilakukan setiap 3.000 mil. terdapat macam oli, diantaranya :
Oli Mineral
Oli mineral berbahan bakar oli dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.
Oli Sintetis
Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain.
Untuk mesin lebih tua, clearance bearing lebih besar sehingga mengizinkan pemakaian oli kental untuk menjaga tekanan oli normal dan menyediakan lapisan film cukup untuk bearing. Sebagai contoh dibawah ini adalah tipe Viskositas dan ambien temperatur dalam derajat Celcius yang biasa digunakan sebagai standar oli di berbagai negara/kawasan.
1. 5W-30 untuk cuaca dingin seperti di Eropa/Amerika Utara
2. 10W-30 untuk iklim sedang seperti dikawasan Asia
3. 15W-30 untuk Cuaca panas seperti dikawasan Tropis
1. 5W-30 untuk cuaca dingin seperti di Eropa/Amerika Utara
2. 10W-30 untuk iklim sedang seperti dikawasan Asia
3. 15W-30 untuk Cuaca panas seperti dikawasan Tropis
Harga oli sekitar : Rp 40.000,- hingga Rp145.000,- (tergantung berapa kental dan merk)
Busi
ini harus diganti setidaknya sekali setahun. Berikut tips merawat busi:
1. Sebelum melepas busi, bersihkan dahulu lubangnya dengan kain bersih. Ketika melakukan pembersihan, ceklah lebih dahulu apakah kondisi penutup busi masih dalam kondisi baik.
2. Lepaslah busi dengan kunci busi. Jangan sekali-kali memakai kunci pas.
3. Bersihkan busi dengan minyak tanah, lalu keringkan dengan seksama. Bersihkan elektroda masa dengan kikir plat tipis. Ukur celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi.
4. Ukurlah celah busi sesuai ketentuan pabrik mobil anda. Jika celah busi tersebut terlalu renggang, maka tingkat pengapiannya akan berkurang dan mengakibatkan turunnya performa mesin dan meningkatnya pemakaian bahan bakar. Ukuran celah busi yang ideal berkisar 0,8-1,2 mm.
5. Sebaiknya busi rutin dibersihkan setiap 5.000 km. Bersihkan dengan tiupan angin atau sikat khusus. Segera ganti busi dengan yang baru bila kondisinya sudah buruk.
1. Sebelum melepas busi, bersihkan dahulu lubangnya dengan kain bersih. Ketika melakukan pembersihan, ceklah lebih dahulu apakah kondisi penutup busi masih dalam kondisi baik.
2. Lepaslah busi dengan kunci busi. Jangan sekali-kali memakai kunci pas.
3. Bersihkan busi dengan minyak tanah, lalu keringkan dengan seksama. Bersihkan elektroda masa dengan kikir plat tipis. Ukur celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi.
4. Ukurlah celah busi sesuai ketentuan pabrik mobil anda. Jika celah busi tersebut terlalu renggang, maka tingkat pengapiannya akan berkurang dan mengakibatkan turunnya performa mesin dan meningkatnya pemakaian bahan bakar. Ukuran celah busi yang ideal berkisar 0,8-1,2 mm.
5. Sebaiknya busi rutin dibersihkan setiap 5.000 km. Bersihkan dengan tiupan angin atau sikat khusus. Segera ganti busi dengan yang baru bila kondisinya sudah buruk.
Harga : sekitar Rp40.000,- / buah (standart mobil 4 - 8 busi)
Filter udara
NEW (left) - OLD (right) |
Ini juga harus diperiksa secara teratur, minta mereka memeriksa setiap kali minyak oli Anda berubah. Tapi filter harus diganti setidaknya sekali setahun. Ini adalah barang yang sangat murah namun, sangat penting untuk menjaga mobil Anda berjalan sebagaimana mestinya.
Harga dari Rp200.000,- hingga Rp 500.000,-
Timing belt - ini perlu diperiksa dan diganti. Ini adalah sesuatu yang sering diabaikan tapi sangat penting. Jika hal ini tidak berjalan dengan benar, atau berhenti bekerja bersama-sama, Anda bisa kehilangan mesin Anda semua bersama-sama. Cara terbaik adalah untuk memilikinya diganti setiap 35.000 atau 40.000 km (sesuai buku service) untuk berada di sisi yang aman.
Harga sekitar : Rp300.000,-
Spooring & Balancing - ban Anda harus diputar setiap 6 bulan. Mereka perlu diputar dari depan ke belakang dan juga dari dalam ke luar jika memungkinkan. Juga, ban harus diganti setiap 2 atau 3 tahun, tergantung pada pakaian dan penggunaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar