We Are Come To Your Place (DELIVERY CAR POLISH)

Minggu, April 24, 2011

TIPS dan TRIK Menghemat Bahan Bakar

Tiap hari, kita pasti akan melewati puluhan pom bensin dalam perjalanan kita. ngeri kan tiap liat harga bensin yg naik terus menerus? belum lg persaingan harga perliter dari masing2 pom bensin yg ada di indonesia. shell, total, petronas, pertamina saling bersaing dalam harga bensin non subsidi (pertamax, shell super, dll). untuk itu, disaat harga bensin yg terus menerus naik, kita seharusnya bisa berhemat dalam pemakaian bensin. tentu dengan berhemat, kita dapat menghemat jg pengeluaran kita. ingin tau caranya? silahkan baca tips nya berikut ini
sumber: detik.com



1. Mengemudilah sewajarnya

Maksud tips ini adalah para pengemudi diminta untuk tidak menerapkan '
aggressive driving'.

Dengan mengemudi sewajarnya, pengendara diajak untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele ketika mengemudi yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar seperti mengerem mendadak, menginjak gas mendadak, dan lainnya.

Pemerintah Amerika menyakini dengan mengemudi dengan gaya sewajarnya, pemilik kendaraan bisa menghemat bahan bakar hingga 33 persen ketika dia berada di jalan bebas hambatan dan 5 persen di jalan perkotaan.


2. Jaga kecepatan

Setiap kendaraan mampu mencapai tingkat ekonomis pemakaian bahan bakar yang optimal pada kisaran kecepatan yang berbeda.

Namun biasanya, batas kecepatan yang tidak terlalu membuat 'haus' kendaraan adalah di sekitar 60 mph (96 km perjam). Pemerintah Amerika menyakini bila pengendara mengemudikan mobilnya 5 mph (8 km perjam) lebih cepat dibanding 60 mph tadi, maka si pengendara sebenarnya menambah US$ 0,24 atau sekitar Rp 2.000 tiap 5 mph.

Karena itu, menjaga kecepatan sangat dianjurkan. Apalagi dengan metode seperti ini bensin dapat dihemat antara 7-23 persen.




3. Gunakan Overdrive Gears

Ketika 
Overdrive Gears kecepatan mobil akan melambat. Penggunaan teknik Overdrive Gears ini mampu menghemat penggunaan bahan bakar sekaligus memperpanjang umur mesin.



4. Gunakan fitur Cruise Control

Saat berada di jalan bebas hambatan usahakan gunakan fitur 
cruise control untuk membantu membuat kecepatan mobil jadi lebih konstan dan pada beberapa kejadian bis menghemat bahan bakar.



5. Hindari membawa barang yang tidak perlu

Sering kali pengendara mobil selalu membawa semua barangnya di mobil. Beragam barang pun dimasukkan yang pada akhirnya membuat bobot mobil jadi lebih berat.

Bobot yang makin berat inilah yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Karena itu hindari membawa barang yang tidak perlu.

Menurut perhitungan, dengan mengurangi barang bawaan minimal 100 pounds, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit 2 persen.




6. Pilihan mobil ber-cc kecil

Karakter mesin berkapasitas besar rata-rata lebih haus bahan bakar ketimbang mobil ber-cc kecil. Karena itu, usahakan pilih mobil dengan kapasitas mesin yang tidak besar.




happy trying guys!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar